Jumat, 01 Agustus 2008

Pentingnya Kesehatan Gigi Bagi Ibu Hamil

Pentingnya Kesehatan Gigi Bagi Ibu Hamil



Menyambut momen hari Ibu (ADA) Asosiasi Kedokteran Gigi Amerika kembali mengingatkan para ibu untuk tetap menjaga kesehatan mulutnya dengan baik sebagai sebuah hal yang sangat penting dan menjadi bagian dari kesehatan secara keseluruhan, khususnya ketika dalam masa kehamilan.

Penelitian telah membuktikan bahwa terdapat hubungan antara penyakit gusi dan kelahiran bayi dengan berat pada saat lahir yang rendah. Tambahan lagi, sebuah penelitian terkini menyebutkan bahwa wanita hamil yang mempunyai penyakit gusi dapat lebih mudah mengalami diabetes gestasional.

“Kebiasaan menjaga kesehatan mulut yang baik adalah bagian penting gaya hidup sehat ,” hal ini dikatakan oleh Sally Cram, D.D.S., Penasehat konsumer ADA dan periodontis di Washington, “Jika anda merencanakan kehamilan, jadwalkanlah pemeriksaan kesehatan gigi anda untuk proses pembersihan. jika anda telah hamil, maka sebaiknya lanjutkan kunjungan pemeriksaan tadi secara teratur. Pastikan pula memberi informasi kepada dokter gigi anda apakah anda sedang hamil atau kemungkinan anda akan hamil.”

Sebagai tambahan kunjungan teratur ke dokter gigi, ADA merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang baik dan seimbang , menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dengan menggosok gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride dan melakukan flossing, pembersihan bagian interdental gigi dengan benang floss atau dengan pembersih interdental.

“Kehamilan juga sering menyebabkan konsumsi makanan yang tidak henti-hentinya, konsumsi makanan ringan yang mengandung gula dan minuman berkarbonasi yang dapat membentuk plak ,” dijelaskan oleh Ada Cooper, D.D.S., penasehat konsumer ADA dan dokter gigi di New York. “Sebagai tambahan, peningkatan jumlah hormon saat kehamilan dapat mengiritasi gusi dan membentuk plak. Beberapa dokter gigi mungkin akan merekomendasikan pembersihan yang lebih sering selama awal trimester kedua atau ketiga untuk mengontrol gingivitis atau radang gusi.”

Kebiasaan menjaga kesehatan mulut tidak semata-mata hanya penting ketika dalam masa kehamilan , tetapi juga setelah masa kehamilan karena bakteri penyebab terjadinya lubang gigi (karies) dapat dilewatkan dari sang ibu kepada anaknya melalui kontak seperti penggunaan benda/barang-barang yang sama atau dengan berciuman.


Sumber: gusimerah.blogspot.com

Tidak ada komentar: